-->

Mahasiswa Tingkat Akhir : Tugas Akhir Komprehensif vs Tugas Akhir Outline di BSI


Sekedar berbagi pengalaman, saat kita sudah menjadi mahasiswa/i semester akhir maka akan muncul ketakutan maupun kegelisahan dalam menghadapi TA/Skripsi.
Menurut saya itu hal wajar, karna saat sidang dosen penguji menentukan kita lulus atau tidak dalam mendapatkan gelar D3 maupun S1 kita.
Saran saya banyak berdoa, tetap fokus, jangan mudah panik, banyak belajar & optimis.

Saya akan berbagi pengalaman terkait TA di BSI.
Karna saat ini saya sendiri adalah seorang mahasiswa kelas karyawan tingkat akhir di BSI (lebih tepatnya BSI Cengkareng), nah kebetulan di BSI ini sendiri terdapat 2 jenis dalam TA (Tugas Akhir) yaitu :
1. Tugas Akhir Outline (syarat IPK 3.00)
2. Tugas Akhir Komprehensif (syarat IPK >2.75 - 3.00)

Untuk TA Outline di BSI menurut saya hampir sama seperti skripsi program S1 diperguruan tinggi lainnya.
Berhubung jurusan saya MI (Manajemen Informatika) jadi saat TA Outline kita harus membuat suatu program web/desktop/prototype beserta membuat paper (Bab 1 - Bab 4).

Dan untuk TA Komprehensif di BSI , dikarenakan saya jurusan MI maka terdapat 2 Mata Kuliah yang akan ditanya jawab saat sidang nanti, yaitu :
1. Logika Algoritma.
2. Analisa & Perancangan Sistem Informasi.


Sekedar informasi, TA Komprehensif yaitu Ujian dimana kita tidak membuat paper atau program, kita hanya ditanya jawab (lisan maupun tertulis) mengenai matakuliah yang sebelumnya telah ditentukan pihak kampus.

Karna saya sendiri pun mengambil Komprehensif, maka saya akan sharing plus & minus nya dari ujian Komprehensif ini secara umum.

Pertama mari kita bahas PLUS - nya  :
1. Tidak ribet (tidak bikin paper, program, maupun bimbingan)
2. Hanya perlu mempelajari matakuliah yang telah ditentukan.

MINUS - nya :
1. Tidak berasa seperti anak kuliahan dalam arti disini tidak sibuk mengerjakan paper, bimbingan maupun program.
2. Akan sedikit kesulitan dalam mencari pekerjaan sesuai keinginan (karna price bagi seorang fresh graduate adalah mengenai skripsinya saat diperkuliahan).

Catatan : Secara ijazah, TA Outline maupun Komprehensif akan mendapat status yang SAMA "Telah Lulus Tugas Akhir".

Sekarang saya akan memberi sudut pandang saya pribadi terhadap ujian Komprehensif ini.
Teman - teman saya dikampus bahkan dosen pun heran kenapa saya ambil Komprehensif.
(Karna saya dikenal dengan orang yang gampang tangkap saat pelajaran praktek maupun teori).

Banyak pertanyaan kesaya terkait pilihan saya mengapa pilih kompre.
Karna hanya saya sendiri dikelas yang ambil Kompre (dari 60 mahasiswa/i)

"Her, emang kenapa lu ambil Kompre?" 
"ah masasih lu kompre?"
"Serius lu kompre?kenapa emg?"

Saya pun bertanya balik kepada mereka, "Kenapa kita harus TA Outline ?"
Banyak yang menjawab "Untuk gampang cari kerja,Her" 
Saya balik tanya "Bukannya sekarang status udah kerja? kan kita kelas karyawan"
Lalu dijawab "yaa buat cari kerja yang lebih baik lagi".
Saya timpal lagi "Emang kalian mau stuck di D3 aja ?kalo kita hanya stuck di D3 mungkin pilihan TA Outline itu baik. Tapi kalo kalian ingin lanjut S1, coba pikir ulang lagi deh. Saat kita sudah punya ijazah S1, apakah ijazah D3 masih kepake?.
Lalu ada yang jawab "TA kan bisa buat pengalaman saat skripsi nanti,Her".
Saya jawab "Bukannya kita udah pernah bikin KKP kan? itu kan hampir sama. Gue rasa kalo alesan kita bikin TA Outline cuma karna buat cari pengalaman saat skripsi nanti itu kurang tepat, karna apa? pertama kita udah pernah bikin Outline KKP, lalu contoh - contoh skripsi di google pun banyak".
Mereka hanya bisa terdiam. 

Namun ada juga teman saya yang ingin TA Komprehensif tapi tidak bisa dikarenakan IPK nya diatas 3.00.
Saya sendiri memiliki IPK 2.98, mungkin pada beranggapan karna saya IPK nya dibawah 3.00 makanya saya hanya bisa ujian Komprehensif.
Perlu kalian tahu, bagi yang IPK nya diatas 2.75 namun dibawah 3.00 mempunyai pilihan untuk ujian Komprehensif maupun TA Outline, tetapi saya tetap pilih Komprehensif.

Alasan kenapa saya pilih TA Komprehensif, karena saya sendiri saat ini sudah bekerja diperbankan swasta, maka dari itu saya pun tidak ingin ambil pusing dalam Tugas Akhir berbentuk Outline, ditambah setelah lulus D3 saya pun akan langsung melanjutkan pendidikan S1.

Jika saya TIDAK MENGAMBIL Komprehensif alurnya akan seperti ini:
 Outline KKP > TA Outline > SKRIPSI.

Jika saya MENGAMBIL Komprehensif alurnya akan seperti ini :
 Outline KKP > TA Komprehensif > SKRIPSI.

Jadi saya sendiripun harus membuat manajamen resiko yang tepat untuk masalah tersebut, mencari solusi yang mempunyai resiko terkecil, makanya saya mengambil TA Komprehensif.

TIPS :
Bagi yang statusnya saat ini sudah kerja, dan nanti ingin mengikuti ujian Komprehensif pada semester 6 nanti :
- Usahakan nilai matakuliah unggulan jangan ada nilai D/E (karna akan ikut TA periode selanjutnya)
- Usahakan dari Semester 2 s/d Semester 4 jangan ikut HER, agar IPK tidak lebih dari 3.00.

Kenapa IPK saya 2.98 dikarenakan saya tidak ikut HER dari semester 3 s/d Semester 4.
Nanti setelah UTS di Semester 6 saya akan ikuti HER, dan itu akan membuat IPK yang tadinya 2.98 menjadi diatas 3.00

Demikian cerita dan tips saya mengenai pilihan kenapa saya memilih Tugas Akhir Komprehensif, semoga menambah wawasan pembaca. Dan kembali lagi kepada sudut pandang pembaca dalam menentukan pilihan dalam mengambil pengalaman dari cerita saya diatas.

Terima Kasih.

53 comments:

  1. prh dach skrng ipk <3 bkn 2.75 lg bsa ikut ta :'(
    in ma udh psti ikut kompre dach :'(
    smst 4 7matkul blom d her gra2 kmren telad :'(
    bgi contact gan bw tnya2 kl bleh
    >>>ichsanback12@gmail.com

    d tunggu y
    thanx ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka kalau ijian kompre pasti lulus gk?
      soalnya pas d tanya jwb agak gerogi,,

      Delete
  2. beneran bang lebih baik komprehensif?
    karna nilai IPK saya di bawah 2,75 akibat kesibukkan saya bekerja sambil kuliah,
    saya tadi takut tapi setelah baca artikel ini saya jadi lebih lega

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  3. Mantap lau bang.. makasih masukannya

    ReplyDelete
  4. Mantap lau bang.. makasih masukannya

    ReplyDelete
  5. ka minta kontak ny boleh ga?

    ReplyDelete
  6. Ka boleh minta kontanya ga??

    ReplyDelete
  7. ka pertanyaan nya susah susah nggak? krn saya bulan ini sidang kompre..

    ReplyDelete
  8. Handay@kompre tanggal brapa kak,

    ReplyDelete
  9. Gampang kok, cuma sekitar matkul yg jd bahan kompre

    ReplyDelete
  10. Kalo saya tahun kemarin kompre nya, skrg lg lanjut s1. Lg persiapan sidang hehehe..

    ReplyDelete
  11. harus bikin slide presentasi gak yah

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. di sidang kompre ada berapa soal / pertanyaan ya?

    ReplyDelete
  14. Kak sidang kompre itumata kuliahnya udah di tentuin sebelum memasuki ruang sidang atau pas di ruang sidang di tentuin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ditentuin waktu daftar kompre

      Delete
    2. di 2020 kok belum ada penentuan materi sedangkan opsi materi kompre di siakad muncul banyak pilihan, apa itu artinya kita bebas pilih meteri atau gimana ya kak?

      Delete
    3. @ghina ada kok materinya udah di tentuin.. kebetulan tahun ini gua kompre minta doanya semua. smoga diberi kelancaran..

      Delete
  15. Hallo kak, saat ini saya sedang pada tingkat semester akhir (6), saya juga mahasiswi kelas karyawan (malam) karna sayapun sedang bekerja, tapi saya di BSI dari awal mendaftar dual campus nah otomatis nanti akan lanjut S1, tapi IPK saya saat ini diatas 3,4 blm lagi ditambah IP semester 6, saat ada pilihan pendaftaran TA di ruang mahasiswa saya sudah otomatis terpilih yg TA. Komprehensif, apa tidak bermasalah itu kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BSI mana ya ? saya juga dual kampus dan tahun ini ujian TA komprehensif

      Delete
    2. Kompre maupun tidak, status kelulusannya sama.

      Delete
  16. Saya mau nanya jika ada matakuliah semester 6 yang mendapat nilai E apa bisa menlanjutkan tugas akhir dan mendaftar sidang ?

    ReplyDelete
  17. Line saja sebab jrg buka blog :Lerocyz

    ReplyDelete
  18. yah kak mau tanya tanya nih, tapi aku gak pake line. nanyanya kemana ya? ada bbm gak? :(

    ReplyDelete
  19. Saya sekarang sudah lulus S1 di STMIK Nusa Mandiri, waktu D3 kemarin saat ujian kompre, tidak ada masalah pada ijazah. Semua sama.

    ReplyDelete
  20. Contoh pertanyaan komprenya ka,

    ReplyDelete
  21. Terkait matakuliah yang dijadikan ujian komprenya. Waktu saya itu klo gasalah ditanya simbol DAD.. Lupaaa wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok ka, saya sidang besok, mohon doanya teman2...semoga bisa jawab pertanyaannya, walopun belajar nya singkat.... :)

      Delete
  22. Bro gua mau tanya nih, ipk gua cuma 2,87 kok gabisa kompre ya?
    Sdangkan lu 2,9 bisa
    Cara nya gimana ya bro?
    Tlong dijawab cepet ya bro, soalnya hari ini terakhir pndaftaran sidang nya bro

    ReplyDelete
  23. Bro gua mau tanya nih, ipk gua cuma 2,87 kok gabisa kompre ya?
    Sdangkan lu 2,9 bisa
    Cara nya gimana ya bro?
    Tlong dijawab cepet ya bro, soalnya hari ini terakhir pndaftaran sidang nya bro

    ReplyDelete
  24. bro gw mau minta saran gmn ya cara menghadapi ujian kompre

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup pelajari matkulnya aja, sama banyakin doa :)

      Delete
  25. Kompre perlu proposal gk sih bro?

    ReplyDelete
  26. Kalo GA magang alias KKP gimana ya??..
    dapat nilai E ??
    Terus HER nya gimana itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sepemikiran, klo ga KKP apakah bisa ikut TA? Soalnya temen gue dah lulus thn kemarin kelas malam dia ga ada KKP tp bisa ikut TA

      Delete
    2. Bagi kontak nya dong mau nanya bnyk hal... Please respon.

      Delete
  27. Bang kalo masih ada nilai D nya gimana ya apakah bisa ga atau skripsi ? Tolong dong fast respon soalnya tinggal besok terakhir pembayaran nya

    ReplyDelete
  28. Bang saya mau nanya, kalau untuk ujian nya apa aja yang perlu dibawa ?

    ReplyDelete
  29. kak kalo kompre udh pasti lulus ga kak? soalnya rada panik juga suka blank tbatba

    ReplyDelete
  30. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  31. Bg mau nanyak itu habis ujian kompree truss nunggu hasil habis itu wisdakan apa sidang lagi trus wisuda

    ReplyDelete

Kritik dan Saran lebih baik dibanding menjelek-jelekan.