-->

Lanjut Kuliah D3 BSI ke S1 ? Nusa Mandiri aja



Halo semua, apa kabar? Gimana perkuliahannya? Lancar semua kan ya.

Maaf sudah lama sekali tidak update blog ini, dikarenakan adanya kesibukan saya, baik itu karena tugas kuliah S1 kemarin maupun pekerjaan saya dikantor.

Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman perkuliahan saya setelah menyelesaikan pendidikan D3  dan lanjut pendidikan S1. Sebelumnya saya menyelesaikan pendidikan D3 (Diploma 3) di BSI tepatnya di BSI Cengkareng. Pada postingan sebelumnya (2 tahun lalu) saya menceritakan pengalaman ketika Tugas Akhir (TA) dimana saya menggambil TA Komprehensif, yang notabene banyak dihindari oleh para teman-teman saya maupun semua mahasiswa tingkat akhir.

Singkat cerita, setelah saya selesai dengan sidang komprehensif D3 saya pada tahun 2016 lalu dan dinyatakan lulus. Saya langsung melakukan pendaftaran secara online untuk lanjut ke jenjang S1 di STMIK Nusa Mandiri yang berlokasi di Cengkareng Jakarta Barat dikarenakan lokasinya sama dengan kampus saya sebelumnya. Jadi saya tidak perlu memakan waktu dalam perjalanan jika ingin pergi ke kampus.

Kenapa saya ingin lanjut S1 di STMIK Nusa Mandiri ?

Ada beberapa alasannya, sebagai berikut :

1 1. S1 itu penting
Ini menjadi dasar kenapa saya ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Sebelumnya anggap saja informasi yang akan saya berikan ini sebagai reminder bagi yang sudah tahu dan bagi yang belum tahu semoga bisa bermanfaat. Pada Era seperti sekarang ini, sudah menjadi rahasia umum jika kita bukan lulusan S1 tentunya akan sangat ketinggalan (dalam karir/pekerjaan).

Mungkin saat ini bagi yang sudah bekerja namun hanya lulusan SMA/D3, kalian bisa merasa cukup tenang. Namun perlu diingat, teknologi dan perusahaan itu akan terus berkembang dan tiap tahunnya para lulusan sarjana mulai berdatangan melamar pekerjaan diperusahaan yang saat ini kalian bekerja. Mungkin tahun pertama mereka akan menjadi bawahan kalian, tahun kedua mungkin jabatan kalian sudah setara dan pada tahun – tahun berikutnya mereka menjadi atasan kalian. 
Artinya apa ?
pendidikan dapat membantu kalian dalam berkarir dengan cepat, meskipun tidak semua mutlak karena gelar atau pendidikan, namun hal tersebut adalah hal yang sangat berpengaruh dalam karir anda. Hal tersebut diatas menjadi warning bagi yang sudah bekerja.

Lalu apalagi jika kalian yang saat ini belum bekerja dan ingin melamar pekerjaan.
Dengan ijazah lulusan SMA ataupun D3 lalu kalian ingin melamar pekerjaan diperusahaan besar/bonafit tentunya akan sangat sulit. Secara, kebanyakan perusahaan tersebut memberikan syarat minimal lulusan S1.

Tapi kalian jangan patah semangat, untuk mencapai kesuksesan pasti diperlukan perjuangan yang berat. Bagi kalian yang saat ini lulusan SMA/D3 kalian harus lanjut kuliah minimal kalian lulus dengan gelar S1. Jika ingin kuliah sambil bekerja, tidak apa apa kalau nanti dapat pekerjaan yang kurang enak. Karena kita harus sadar juga, untuk dapat pekerjaan yang nyaman dan enak, pasti diperlukan usaha baik itu secara pendidikan formal maupun informal. Bulatkan dalam hati dan bilang bahwa S1 itu penting.

2 2. Biaya Murah
Tentu bagi para Mahasiswa/i yang notabene adalah para karyawan, masalah biaya adalah hal yang sangat perlu diperhatikan dan diperhitungkan. Dikarenakan kita perlu me-manage pengeluaran kita untuk kebutuhan sehari-hari dan juga untuk biaya kuliah agar kedepannya tidak terjadi minus hingga hutang sana sini. Maka dari itu saya sendiri menjadikan point tersebut menjadi point nomor 2.

Memang berapa sih biaya per-semester di STMIK Nusa Mandiri ?
Waktu tahunan saya (tahun 2016) biaya per-semesternya adalah sebesar Rp. 1.780.000 dengan kata lain saya hanya perlu menyisihkan uang gaji saya sebesar Rp. 300.000/bulannya untuk biaya kuliah saya per-semesternya. Mungkin sekarang ada kenaikan, kalian bisa cek di websitenya (www.nusamandiri.ac.id).

33. Lokasi
Lokasi merupakan bagian yang perlu kalian pikirkan juga nih. Karena jika lokasi kampus jauh, secara tidak langsung kalian akan membutuhkan waktu yang lama untuk pergi kesana apalagi kalau dari tempat kerja ke kampus jauh wahhh pasti sangat mager (males gerak) untuk pergi ke kampus. Meskipun lokasi tempat kerja saya sendiripun lumayan jauh dari kampus STMIK Nusa Mandiri Cengkareng yaitu di Menara BCA JL. M. H. Thamrin, sekitar 20 KM. Namun lokasi kampus tersebut dekat dengan rumah saya, jadi searah dengan rute saya pulang kerja.
Lalu jika lokasi kampus dekat dengan rumah bisa membantu kita jika terjadi hal – hal yang kurang baik. Contoh nya tugas yang ketinggalan, kumpul untuk tugas kelompok, dll.

  4. Jam perkuliahan kelas karyawan
Sebagai saya sendiri adalah seorang pekerja/karyawan, jam kuliah yang fleksibel sangat dibutuhkan. Sebab pada pagi hari kita harus bekerja hingga petang dan pada malamnya kita bisa lanjut untuk mengikuti perkuliahan. Meskipun sebagian orang enggan untuk kuliah malam dan memilih untuk kuliah pada hari Sabtu dikarenakan mereka libur pada Sabtu dan Minggu. Karena jika lanjut kuliah pada malam hari mereka merasa capek atau letih setelah seharian bekerja.
Namun ada juga yang tidak bisa kuliah pada malam hari karena jam kerja mereka tidak memungkinkan untuk mengikuti perkuliahan.

Jam perkuliahan di STMIK Nusa Mandiri untuk kelas karyawan biasanya paling cepat dimulai pukul 17.00 WIB s/d 21.30 WIB. Namun ada juga matakuliah yang mulai pada jam 19.00 WIB.
Saya sendiri ketika Semester 7 lalu, dapat 2 matakuliah yang dimulai pukul 17.00 WIB. Yang membuat saya jarang masuk kelas, dikarenakan jam pulang kantor saya adalah jam 17.30 WIB dan perjalanan dari HI ke Cengkareng itu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Sehingga saya hanya bisa mengikuti kelas jam 19.00 WIB. 

Namun hal tersebut kalian bisa bicarakan dengan dosen matakuliah tesebut terkait jam kerja kalian yang tidak memungkinkan untuk mengikuti kelas jam 17.00 WIB, biasanya para dosen akan menyuruh kita untuk mengusahakan masuk pada UTS dan UAS. Saya sendiri pada saat UTS dan UAS saya meminta izin atasan untuk pulang lebih awal untuk mengikuti UTS dan UAS tersebut. Alhamdulillah atasan saya sangat support pendidikan saya dan selalu memberikan izin terkait perkuliahan saya dari semester 3 (waktu ambil pendidikan D3) hingga S1.

  5. Akreditasi
Akreditasi juga sangat penting untuk sebuah Universitas maupun Yayasan. Dikarenakan banyak perusahaan biasanya memberi syarat kepada pelamar baru dengan lulusan S1 minimal akreditasi B.
STMIK Nusa Mandiri sendiri memiliki akreditasi B, sama seperti BSI. Semoga kedepannya akreditasi BSI dan STMIK Nusa Mandiri bisa bertahan bahkan bisa naik menjadi A. Sehingga banyak lulusan yang bisa bersaing dengan pada pelamar lainnya untuk dapat bekerja di perusahaan – perusahaan besar.

  6. Waktu 1 tahun hingga lulus
Nah ini juga menjadi point sangat penting bagi saya, dikarenakan di STMIK Nusa Mandiri saya hanya butuh waktu 1 tahun untuk lulus S1.
Sebelumnya, saya telah dinyatakan lulus D3 pada tanggal 1 September 2016 (namun belum wisuda D3 L, wisuda dilaksanakan pada November 2016) dan pada tanggal 15 September 2016 saya sudah mulai perkuliahan S1. Lalu saya lulus S1 pada September 2017 dan wisuda seharusnya pada November 2017 namun diundur jadi Maret 2018.

Semoga cerita dan pengalaman saya diatas bisa kalian jadikan referensi  maupun motivasi untuk kalian yang saat ini yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1 baik itu lulusan dari BSI maupun Universitas lain. Perlu digaris bawahi bahwa penyesalan akan selalu datang belakangan, jadi jika kalian masih ada biaya dan waktu untuk mengejar pendidikan manfaatkan sebaik-baiknya waktu tersebut.

Mungkin pada postingan saya selanjutnya, saya akan bahas tips dan trik tentang Skripsi saya pada saat kuliah S1 di STMIK Nusa Mandiri.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih



17 comments:

  1. Mas..saya Mau tanya kepastiannya...Lususan D3 komprehensif emang diterima lanjut S1 mas...saya pingin tau pastinya

    ReplyDelete
  2. Maaf mas, kan saya ngambil d3 di bsi tp bukan dual kampus. Kalo saya lanjutin ke s1 kira kira 1thn atau 2thn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kalau saya, ambil di stmik nusa mandiri cukup 1 tahun sudah lulus

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Daerah Tangerang bisa lanjut nggak Mas yg di daanmoDaan?

    ReplyDelete
  6. Haruskah kuliahnya nanti di jakarta
    Jika kita misal berasal dari daerah jawa timur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini sih masih harus datang ke kampus mas.

      Delete
  7. Saya D3 mau nerusin ke S1 harus kampus NURI ya ka.. Saya kuliah di UBSI kampus margonda depok. Bersebelahan dengan NURI (Nusa Mandiri) jd klo mau ke S1 saya daftar di NURI ya ka..

    ReplyDelete
  8. Saya mahasiswi transfer D3 UBSI ke S1 nusa mandiri, di S1 Sistem informasi ngerjain skripsi atau tidak yah? Atau bisa ujian komprehensif? Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Saya D3 mau nerusin ke S1 TAPI posisi saya di NtB, APAKAH ITU BISA KULILAH ONLINE MELALUI NUSA MANDIRI

    ReplyDelete

Kritik dan Saran lebih baik dibanding menjelek-jelekan.